Download Pepak Bahasa Jawa Lengkap Pdf
Indonesia is a nation that has a diversity of cultures and the arts, one of which is Javanese language. Javanese language is a heritage that should be preserved because it is still taught in schools and used in everyday life. The main book to learn Javanese language is Pepak Basa Jawa; a book that contains the essence of Javanese language. The rapid increase of technological development provides easiness for people, especially the pressence of gadgets. Therefore, the making of Pepak Basa Jawa in an application it needed to be a learning media to learn and conserve Javanese language for Indonesian people. The application is practically and attractively packed through iOS based mobile devices. Application Pepak Basa Jawa is built using MobiOne Studio software. Multimedia development method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which consists of six stages: concept, design, collection of material, manufacture, testing, and distribution. The Black Box test is used for application testing method. The results of this study is in the form of an application named Pepak Basa Jawa that can run well on mobile devices based on iOS. This application can be an alternative for the people of Indonesia as a medium of learning in learning the Javanese language.
Discover the world's research
- 20+ million members
- 135+ million publications
- 700k+ research projects
Join for free
Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pepak Basa Jawa
Menggunakan MobiOne Studio
Anglila Nayanggita1), Kodrat Iman Satoto2), Rinta Kridalukmana2)
Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Jalan Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang, Indonesia
anglilanay507@gmail.com
Abstract- Indonesia is a nation that has a
diversity of cultures and the arts, one of which is
Javanese language. Javanese language is a heritage
that should be preserved because it is still taught in
schools and used in everyday life. The main book to
learn Javanese language is Pepak Basa Jawa; a book
that contains the essence of Javanese language. The
rapid increase of technological development provides
easiness for people, especially the pressence of
gadgets. Therefore, the making of Pepak Basa Jawa
in an application it needed to be a learning media to
learn and conserve Javanese language for
Indonesian people. The application is practically and
attractively packed through iOS based mobile devices.
Application Pepak Basa Jawa is built using
MobiOne Studio software. Multimedia development
method used is the Multimedia Development Life
Cycle (MDLC) which consists of six stages: concept,
design, collection of material, manufacture, testing,
and distribution. The Black Box test is used for
application testing method.
The results of this study is in the form of an
application named Pepak Basa Jawa that can run
well on mobile devices based on iOS. This application
can be an alternative for the people of Indonesia as a
medium of learning in learning the Javanese
language.
Keywords: Application, Pepak Basa Jawa, iOS,
MobiOne Studio
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu bangsa yang
memiliki banyak keanekaragaman. Keanekaragaman
ini merupakan pemersatu serta warisan bagi bangsa
Indonesia yang perlu dilestarikan. Keanekaragaman
bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan meliputi
keanekaragaman suku, budaya, kesenian maupun
bahasa daerah. Bahasa daerah khususnya Bahasa Jawa
merupakan bahasa yang masih digunakan oleh
masyarakat di pulau Jawa terutama di wilayah Jawa
Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa
Timur sebagai alat komunikasi dalam kehidupan
bermasyarakat. Bahasa Jawa juga merupakan salah satu
pelajaran yang masih diajarkan di sekolah dari jenjang
Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama
(SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di
daerah Jawa Tengah.
Media pembelajaran Bahasa Jawa sebenarnya
sudah tersedia yaitu menggunakan pustaka Pepak Basa
Jawa. Walaupun hanya sebagian kecil tentang
pengetahuan Bahasa Jawa, namun Pepak Basa Jawa
ini sudah mencakup keseluruhan hal yang penting
untuk dipelajari. Pepak Basa Jawa merupakan sebuah
buku yang berisi kumpulan kata, kosakata, kalimat,
sastra, benda, tingkah laku, makhluk hidup, tokoh
pewayangan, dan lain sebagainya dalam Bahasa Jawa.
Kegunaan Pepak Basa Jawa itu sendiri adalah sebagai
sumber pustaka yang dapat dengan mudah dipelajari
karena disajikan secara praktis.
Teknologi saat ini berkembang semakin cepat
dan banyak memberikan kemudahan bagi para
penggunanya, seperti kemudahan dalam memperoleh
informasi, kemudahan komunikasi, kemudahan
mengolah data dan kemudahan di dalam bidang yang
lainnya. Dengan perkembangan teknologi yang sangat
cepat ini, manusia beralih meninggalkan cara-cara lama
untuk mengikuti teknologi yang serba mudah. Salah
satu teknologi yang serba mudah adalah dengan adanya
gadget.
Pada zaman serba teknologi seperti sekarang,
gadget tidak lagi menjadi barang asing bagi siapapun.
Bahkan anak-anak kecil pun sudah banyak yang
bermain dengan gadget. Fungsi gadget sendiri
diantaranya adalah untuk telepon, mengirim Short
Message Service (SMS), mengirim Multimedia
Message Service (MMS), bermain game, pemutar
musik & video, browsing internet, dan masih banyak
lagi. Namun, alangkah baiknya apabila gadget
dijadikan sebagai media pembelajaran karena akan
menjadi lebih bermanfaat.
Berdasarkan latar belakang di atas, muncul ide
untuk merancang dan membuat sebuah aplikasi Pepak
Basa Jawa yang dirancang untuk perangkat iOS yaitu
iPad dengan menggunakan perangkat lunak MobiOne
Studio. Penggunaan perangkat lunak MobiOne Studio
karena penampilannya menarik, user friendly, dan
mudah digunakan. Perancangan dan pembuatan
aplikasi Pepak Basa Jawa ini diharapkan mampu
memberikan alternatif agar dapat memberikan
kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk
mempelajari dan melestarikan budaya Indonesia yaitu
Bahasa Jawa.
1.2 Tujuan
Tugas akhir ini mempunyai tujuan, yaitu:
1. Merancang dan membuat aplikasi berbasis
mobile sebagai media pembelajaran untuk
mempelajari dan melestarikan Bahasa Jawa.
2. Memberikan alternatif sarana belajar yang
praktis agar dapat memberikan kemudahan
untuk mempelajari Bahasa Jawa bagi pengguna.
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 436
1.3 Batasan Masalah
Dalam pembuatan tugas akhir ini pembahasan
masalah memiliki batasan pada permasalahan berikut:
a. Aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada
perangkat iOS yaitu iPad.
b. Aplikasi ini dijalankan pada sistem operasi iOS
versi 7 ke atas.
c. Rancangan dan pembuatan aplikasi Pepak Basa
Jawa ini berisi 4 materi utama Bahasa Jawa
yaitu kawruh basa (tetuwuhan, kewan,
manungsa, kamus), kasusastran (tembang
macapat, tembang dolanan, gamelan),
pewayangan (punakawan, pandawa, dewa-
dewi, ramayana) dan hanacaraka (aksara jawa,
pasangan jawa, sandhangan, angka jawa) serta
dilengkapi dengan latihan soal.
d. Aplikasi ini dibuat menggunakan perangkat
lunak MobiOne Studio.
II. LANDASAN TEORI
2.1 Budaya Jawa
Jawa (Java), atau sebutan lain Djawa Dwipa
atau Jawi adalah pulau yang terletak di tepi selatan
kepulauan Indonesia. Orang Jawa (Javanese) adalah
orang yang memakai bahasa Jawa sebagai bahasa ibu
dan merupakan penduduk asli bagian tengah dan timur
Pulau Jawa [7] .
Suku Jawa merupakan suku bangsa terbesar
di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa
Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Setidaknya
45% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa [6] .
2.2 Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile adalah perangkat lunak yang
berjalan pada perangkat mobile seperti gadget atau
tablet PC . Aplikasi mobile juga dikenal sebagai
aplikasi yang dapat diunduh dan memiliki fungsi
tertentu sehingga menambah fungsionalitas dari
perangkat mobile itu sendiri [8] .
2.3 iOS
iOS adalah sistem operasi yang berjalan pada
iPhone, iPod touch, dan perangkat iPad. Sistem operasi
mengelola perangkat keras dan menyediakan teknologi
yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan aplikasi
asli. Sistem operasi merupakan induk dari berbagai
aplikasi sistem, seperti Telepon, Mail, dan Safari, yang
menyediakan layanan sistem standar untuk pengguna
[5].
2.3.1 iPad
iPad merupakan salah satu sebuah produk
komputer tablet buatan Apple Incorporation (AI). iPad
memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan
iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih
besar dibandingkan kedua produk tersebut dan
memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada
sistem operasi Mac OS X [2].
2.4 MobiOne Studio
MobiOne Studio merupakan development tools
dari Genuitec. MobiOne Studio dengan keunggulan
utamanya memang layak untuk dipertimbangkan oleh
Komunitas Developer Apple. Berikut merupakan fitur-
fitur unggulan MobiOne Studio [9]:
a. Cross Platform
b. WYSIWYG (What You See Is What You Get)
c. App dan WebApp Generator
d. Operating System Windows
e. iOS dan Android Emulator
f. Inspeksi dan Debug
g. Build Native Application di Cloud
h. Over the Air Application Installation
i. Publish Mobile Webapps
2.5 MyEclipse 2015 CI
MyEclipse 2015 CI adalah salah satu produk
terbaru dari Genuitec yang merupakan alat
pengembang untuk membuat aplikasi mobile berbasis
Android dan iOS dari project Mobione Studio [4] .
2.6 GapDebug
GapDebug juga adalah salah satu produk dari
Genuitec yang berfungsi sebagai alat mobile
debugging. GapDebug dapat berjalan pada platform
Mac atau Windows. GapDebug mengijinkan untuk
debugging aplikasi perangkat bergerak yang hybrid ,
seperti PhoneGap dan Cordova, pada perangkat
modern seperti Android dan iOS. Untuk melakukan
lokal debugging, GapDebug selalu dilakukan secara
gratis [3] .
2.7 CorelDraw X4
CorelDraw adalah sebuah software desain
grafis yang sangat terkenal dan termasuk sebagai salah
satu aplikasi pengolah gambar berbasis vektor.
Berbagai fasilitas untuk keperluan desain tersedia
dalam program ini, sehingga memudahkan para
pengguna untuk memanfaatkannya. CorelDraw sering
digunakan untuk membuat gambar kartun, logo,
ilustrasi. Contoh penggunaan CorelDraw antara lain
untuk membuat brosur, surat undangan, dan sebagainya
[12].
2.8 Multimedia
Multimedia adalah sebuah kombinasi yang
saling berkaitan dari teks, foto dan gambar, suara,
animasi, dan video yang dimanipulasi secara digital [11] .
Multimedia memiliki beberapa objek seperti teks,
suara, video, gambar, dan animasi.
2.8.1 Metode MDLC (Multimedia Development Life
Cycle)
MDLC (Multimedia Development Life Cycle)
merupakan pengembangan multimedia yang terdiri dari
enam tahap, yaitu konsep (concept), desain (design) ,
pengumpulan materi (material collecting), pembuatan
(assembly), pengujian (testing), dan distribusi
(distribution). Keenam tahap ini tidak harus berurutan
dalam prakteknya, tahap-tahap tersebut dapat saling
bertukar posisi. Meskipun begitu, tahap konsep
memang harus menjadi hal yang pertama kali
dikerjakan [1] .
Tahapan pengembangan multimedia
ditunjukkan oleh Gambar 1.
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 437
Gambar 1. Tahapan pengembangan multimedia [10]
III. PERANCANGAN SISTEM
3.1 Tahap Pengembangan Multimedia
A. Konsep
Aplikasi ini dibuat sebagai suatu media
pembelajaran yang interaktif bagi masyarakat
Indonesia, khususnya pelajar mulai dari Sekolah Dasar
(SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga
Sekolah Menengah Atas (SMA). Aplikasi media
pembelajaran ini dibuat untuk memberikan kemudahan
bagi pengguna serta lebih praktis dan lebih tertarik
dalam mempelajarinya. Aplikasi yang dibuat adalah
Pepak Basa Jawa yang merupakan dasar-dasar dari
Bahasa Jawa. Pepak Basa Jawa ini terdiri dari empat
pokok materi yaitu kawruh basa, kasusastran ,
pewayangan, dan hanacaraka serta dilengkapi dengan
latihan soal.
B. Desain
1. Struktur Navigasi Hirarki
Struktur navigasi memberikan gambaran link
dari halaman satu ke halaman lainnya. Struktur
navigasi hirarki aplikasi ditunjukkan oleh Gambar 2.
Halaman
Utama
Halaman
Utama
Kawruh Basa
Kawruh Basa
Tetuwuhan
Tetuwuhan
Kewan
Kewan
Manungsa
Manungsa
Kembang
Kembang
Godhong
Godhong
Woh
Woh
Isi
Isi
Wit
Wit
Anak Kewan
Anak Kewan
Gaman Kewan
Gaman Kewan
Swarane
Kewan
Swarane
Kewan
Solahe Kewan
Solahe Kewan
Anak Wong
Anak Wong
Jeneng Wong
Jeneng Wong
Watake Wong
Watake Wong
Chandrane
Wong
Chandrane
Wong
Kasustran
Kasustran
Tembang
Macapat
Tembang
Macapat
Tembang
Dolanan
Tembang
Dolanan
Gamelan
Gamelan
Pewayangan
Pewayangan
Punakawan
Punakawan
Pandawa
Pandawa
Dewa-Dewi
Dewa-Dewi
Ramayana
Ramayana
Hanacaraka
Hanacaraka
Aksara Jawa
Aksara Jawa
Pasangan
Jawa
Pasangan
Jawa
Sandhangan
Sandhangan
Angka Jawa
Angka Jawa
Latihan Soal
Latihan Soal
Tentang
Tentang
Kawruh Basa
Kawruh Basa
Kasustran
Kasustran
Pewayangan
Pewayangan
Hanacaraka
Hanacaraka
Kamus
Kamus
Gambar 2. Struktur Navigasi Hirarki
2. Diagram Alir
Diagram alir digunakan untuk menjelaskan
tentang alur program yang dibuat. Diagram alir proses
memilih kembang ditunjukkan oleh Gambar 3.
Mulai
Menu Kembang
Memilih nama
tumbuhan?
Alert
penjelasan
nama kembang
ya
tidak
Selesai
Gambar 3. Diagram alir proses memilih kembang
Diagram alir proses memilih anak kewan
ditunjukkan oleh Gambar 4.
Mulai
Menu Anak Kewan
Memilih nama
hewan?
Alert penjelasan
nama anak
kewan
ya
tidak
Selesai
Gambar 4. Diagram alir proses memilih anak kewan
Diagram alir proses memilih anak wong
ditunjukkan oleh Gambar 5.
Mulai
Menu Anak Wong
Memilih daftar
anak wong?
Alert penjelasan
nama anak
wong
ya
tidak
Selesai
Gambar 5. Diagram alir proses memilih anak wong
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 438
Diagram alir proses memilih kamus ditunjukkan
oleh Gambar 6.
Mulai
Kamus :
1. Indonesia-Jawa
2. Jawa-Indonesia
Indonesia-
Jawa?
Input kata
bahasa
Indonesia
Terjemahkan
Output kata
bahasa
Jawa
Input kata
bahasa
Jawa
Terjemahkan
Output kata
bahasa
Indonesia
Ulangi?
Selesai
ya
tidak
tidak
ya
Gambar 6. Diagram alir proses memilih kamus
Diagram alir proses memilih tembang dolanan
ditunjukkan oleh Gambar 7.
Mulai
Menu Tembang
Dolanan
Memilih tembang
dolanan?
Penjelasan
tembang
dolanan
ya
tidak
Putar
suara?
Suara
diputar
ya
Selesai
tidak
Gambar 7. Diagram alir proses memilih tembang
dolanan
Diagram alir proses memilih punakawan
ditunjukkan oleh Gambar 8.
Mulai
Menu Punakawan
Memilih gambar
tokoh punakawan?
Penjelasan
tokoh
punakawan
ya
tidak
Selesai
Gambar 8. Diagram alir proses memilih punakawan
Diagram alir proses memilih aksara jawa
ditunjukkan oleh Gambar 9.
Mulai
Menu Hanacaraka
Melihat aksara jawa?
Tampilan
aksara jawa
ya
tidak
Selesai
Gambar 9. Diagram alir proses memilih aksara jawa
Diagram alir latihan soal kasusas tran
ditunjukkan oleh Gambar 10.
Mulai
10 latihan soal
kasustran
Nilai latihan
soal kasustran
Main lagi?
Selesai
tidak
ya
Gambar 10. Diagram alir latihan soal kasusastran
3. Use Case Diagram
Use case merupakan gambaran skenario dari
interaksi antara user dengan sistem. Use case
menggambarkan hubungan antara aktor dan kegiatan
yang dapat dilakukannya terhadap aplikasi. Use case
diagram aplikasi pepak basa jawa ditunjukkan oleh
Gambar 11.
Gambar 11. Use case diagram pepak basa jawa
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 439
4. Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi
antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk
pengguna, display, dan sebagainya) berupa message
yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram
belajar pepak ditunjukkan oleh Gambar 12.
Gambar 12. Sequence diagram belajar pepak
Sequence diagram latihan soal kawruh basa
ditunjukkan oleh Gambar 13.
Gambar 13. Sequence diagram latihan soal kawruh
basa
Sequence diagram latihan soal kasusastran
ditunjukkan oleh Gambar 14.
Gambar 14. Sequence diagram latihan soal kasusastran
5. Desain Content
Desain content merupakan desain yang berisi isi
materi dari masing-masing menu atau sub menu.
Desain content menu tembang macapat
ditunjukkan oleh Tabel ..
Tabel 1. Desain content menu tembang macapat
6. Desain Antarmuka
Desain antarmuka digunakan agar pengguna
mengetahui gambaran tampilan sesungguhnya sebelum
aplikasi selesai dibuat.
C. Pengumpulan Materi
Dalam tahap ini dilakukan pengumpulan materi
Bahasa Jawa seperti yang terdapat dalam buku Pinter
Basa Jawi Pepak dan disempurnakan dengan
menambahkan materi dari hasil cari internet.
Pengumpulan gambar pada tokoh wayang dan gamelan
didapat dari hasil cari internet. Untuk cerita tokoh
pewayangan diambil dari buku Atlas Tokoh Wayang.
Bahan audio dan video untuk memperjelas contoh
tembang macapat dan tembang dolanan didapat dari
internet. Untuk gambar background dibuat dengan
menggunakan perangkat lunak CorelDraw X4.
D. Pembuatan
Alat dan bahan yang digunakan dalam
pembuatan aplikasi Pepak Bahasa Jawa ini adalah
sebagai berikut.
a. Perangkat keras
- Laptop Toshiba Satellite L200
- Ipad 2
b. Perangkat lunak
- Microsoft Windows 7
- MobiOne Studio
- MyEclipse 2015 CI
- GapDebug
- CorelDraw X4
- Ad obe Photoshop
E. Pengujian
Pada tahap pengujian dilakukan pengujian pada
aplikasi yang dibuat dengan metode Black-Box Test
yaitu dengan melihat fungsi-fungsi per menu sudah
sesuai atau tidak.
F. Distribusi
Setelah pengujian setiap fungsi berhasil, maka
aplikasi disimpan lalu di build untuk mendapat file
ekstensi .ipa. Setelah mendapat file .ipa kemudian di
distribusikan dan dilakukan proses instalasi pada
perangkat iPad yang sesungguhnya.
IV. PEMBUATAN DAN PENGUJIAN
4.1 Hasil Pembuatan Aplikasi Pepak Bahasa
Jawa
1. Tampilan halaman utama
Halaman utama merupakan halaman awal ketika
aplikasi dijalankan. Halaman utama terdiri dari 6 menu
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 440
utama. Tampilan halaman utama ditunjukkan oleh
Gambar 15.
Gambar 15. Tampilan halaman utama
2. Tampilan menu kawruh basa
Menu kawruh basa adalah menu yang berisi
sekumpulan kata-kata dalam Bahasa Jawa. Kawruh
basa ini dikelompokkan menjadi 4 yaitu tetuwuhan
(tumbuhan), kewan (hewan), manungsa (manusia) dan
kamus untuk melakukan terjemahan. Tampilan menu
kawruh basa ditunjukkan oleh Gambar 16.
Gambar 16. Tampilan menu kawruh basa
- Tampilan sub menu tetuwuhan
Pada sub menu tetuwuhan akan ditampilkan
menu bagian tumbuhan yang lebih spesifik untuk
dibahas. Terdapat 5 sub menu yaitu kembang (bunga),
godhong (daun), woh (buah), isi, wit (pohon).
Tampilan sub menu tetuwuhan ditunjukkan oleh
Gambar 17.
Gambar 17. Tampilan sub menu tetuwuhan
Tampilan daftar nama-nama tumbuhan
ditunjukkan oleh Gambar 18.
Gambar 18. Tampilan daftar nama-nama tumbuhan
Alert penjelasan tetuwuhan ditunjukkan oleh
Gambar 19.
Gambar 19. Alert penjelasan tetuwuhan
- Tampilan sub menu kamus
Sub menu kamus merupakan sub menu yang
berfungsi untuk menerjemahkan kata atau kalimat dari
Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa atau sebaliknya.
Tampilan menu kamus ditunjukkan oleh Gambar 20.
Gambar 20. Tampilan sub menu kamus
3. Tampilan menu kasusastran
Menu kasusastran merupakan menu yang
berupa sastra dalam Bahasa Jawa. Menu kasustran ini
terdiri dari 3 sub menu, yaitu sub menu tembang
macapat, tembang dolanan , dan sub menu gamelan .
Tampilan menu kasusastran ditunjukkan oleh Gambar
21.
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 441
Gambar 21. Tampilan menu kasusastran
- Tampilan sub menu tembang macapat
Sub menu tembang macapat merupakan menu
yang berisi 11 tembang macapat . Ketika daftar
tembang macapat dipilih salah satu, maka selanjutnya
akan muncul halaman yang terdiri dari sifat tembang,
lirik tembang, dan link video. Tampilan sub menu
tembang macapat ditunjukkan oleh Gambar 22..
Gambar 22. Tampilan sub menu tembang macapat
Tampilan pilihan tembang macapat ditunjukkan
oleh Gambar 23.
Gambar 23. Tampilan pilihan tembang macapat
Tampilan link video ditunjukkan oleh Gambar
24.
Gambar 24. Tampilan link video pilihan tembang
macapat
- Tampilan sub menu gamelan
Sub menu gamelan merupakan menu yang
berisi tentang macam-macam nama perangkat gamelan.
Tampilan sub menu gamelan ditunjukkan oleh Gambar
25.
.
Gambar 25. Tampilan sub menu gamelan
Tampilan pilihan perangkat gamelan
ditunjukkan oleh Gambar 26.
Gambar 26. Tampilan pilihan perangkat gamelan
4. Tampilan menu pewayangan
Menu pewayangan merupakan menu yang
berisi tokoh-tokoh pewayangan. Menu pewayangan
terdiri dari 4 sub menu, yaitu sub menu punakawan,
pandawa, dewa-dewi, dan ramayana. Tampilan menu
pewayangan ditunjukkan oleh Gambar 27.
Gambar 27. Tampilan menu pewayangan
- Tampilan sub menu punakawan
Sub menu punakawan merupakan menu yang
terdiri dari nama tokoh punakawan dan gambar tokoh
punakawan. Tampilan sub menu punakawan
ditunjukkan oleh Gambar 28.
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 442
Gambar 28. Tampilan sub menu punakawan
Tampilan pilihan punakawan ditunjukkan oleh
Gambar 29.
Gambar 29. Tampilan pilihan punakawan
5. Tampilan menu hanacaraka
Menu h anacarak a merupakan menu yang berisi
tentang huruf Jawa. Menu hanacaraka terdiri dari 4
sub menu, yaitu aksara jawa, pasangan jawa,
sandhangan, dan angka jawa. Tampilan menu
hanacaraka ditunjukkan oleh Gambar 30 .
Gambar 30. Tampilan menu hanacaraka
Tampilan sub menu aksara jawa ditunjukkan
oleh Gambar 31.
Gambar 31. Tampilan sub menu aksara jawa
6. Tampilan menu latihan soal
Menu latihan soal adalah menu yang berisi
kumpulan pertanyaan berdasarkan sub menu yang telah
dipelajari sebelumnya. Latihan soal ini terdiri dari
kawruh basa, kasustran, pewayangan, dan hanacaraka.
Tampilan latihan soal hanacaraka ditunjukkan
oleh Gambar 32.
Gambar 32. Tampilan latihan soal hanacaraka
Ketika jawaban yang dipilih benar maka akan
muncul alert seperti yang ditunjukkan oleh Gambar
33.
Gambar 33. Tampilan alert jawaban benar latihan soal
hanacaraka
Setelah 10 pertanyaan selesai, maka selanjutnya
akan muncul tampilan nilai seperti yang ditunjukkan
oleh Gambar 34.
Gambar 34. Tampilan nilai latihan soal hanacaraka
4.2 Pengujian Aplikasi
Pengujian aplikasi Pepak Bahasa Jawa ini
dilakukan dengan menggunakan metode black-box.
Pengujian black-box merupakan pengujian yang
dilakukan untuk menunjukkan fungsi program yang
dibuat berdasarkan cara operasi dan kegunaannya
apakah keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang
diharapkan. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 443
apakah masih terjadi kesalahan pada program atau
program sudah berhasil diselesaikan dengan benar.
Tabel 2. Tabel pengujian aplikasi secara keseluruhan
Pengujian
menu
Kawruh
Basa
Menyentuh
menu
Kawruh
Basa
Tampil
halaman sub
menu kawruh
basa
Pengujian
menu
Kasusastran
Menyentuh
menu
Kasusastran
Tampil
halaman sub
menu
kasusastran
Pengujian
menu
Pewayangan
Menyentuh
menu
Pewayangan
Tampil
halaman sub
menu
pewayangan
Pengujian
menu
Hanacaraka
Menyentuh
menu
Hanacaraka
Tampil
halaman sub
menu
hanacaraka
Pengujian
menu
Latihan
Soal
Menyentuh
menu
Latihan
Soal
Tampil
halaman
latihan soal
V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan dalam pembuatan Tugas Akhir
aplikasi pepak bahasa Jawa diantaranya adalah sebagai
berikut
1. Aplikasi Pepak Basa Jawa dapat dibuat dengan
baik dengan menggunakan perangkat lunak
MobiOne Studio yang terdiri dari 4 pokok
materi yaitu ka wruh basa, kasusastran,
pewayangan, dan hancaraka sehingga dapat
digunakan sebagai alternatif sarana belajar yang
praktis untuk mempelajari Bahasa Jawa.
2. Aplikasi Pepak Basa Jawa dapat didistribusikan
dan berjalan dengan baik pada perangkat
bergerak dengan sistem operasi iOS yaitu iPad
versi 7 ke atas.
3. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi Pepak
Basa Jawa menggunakan Black Box Test,
seluruh fungsi menu yang ada dalam aplikasi
telah berhasil sesuai dengan fungsinya.
5.2 Saran
Saran yang dapat diberikan penulis untuk
pengembangan aplikasi selanjutnya adalah sebagai
berikut.
1. Perlu dilakukan penambahan materi seperti -
unggah-ungguh basa (ngoko, krama madya,
krama inggil) dan cara pengucapan kata serta
referensi untuk aplikasi agar penyajiannya
semakin lengkap.
2. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk
mengembangkan aplikasi pada perangkat selain
iPad.
3. Aplikasi dapat dikembangkan dengan
menggunakan database sehingga aplikasi dapat
dijalankan tanpa terhubung dengan internet.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Binanto, Iwan, Multimedia Digital – Dasar Teori
dan Pengembangannya, Andi, Yogyakarta, 2010.
[2] Gayatri, Womens Guide, Gagas Media, Jakarta,
2011.
[3] Genuitec, GapDebug Features,
https://www.genuitec.com/products/gapdebug/fea
tures/, 22 Mei 2015.
[4] Genuitec, MyEclipse Features,
https://www.genuitec.com/products/myeclipse/fea
tures/, 22 Mei 2015.
[5] Goldstein, Neal. Paris Buttfield-Addison. Jon
Manning, iPhone & iPad Game Development
For Dummies, Wiley Publishing,Inc.,
Indianapolis, 2011.
[6] Indonesia's Population: Ethnicity and Religion in
a Changing Political Landscape. Institute of
Southeast Asian Studies. 2003.
[7] Magnis, Dr Franz dan Suseno S.J., Etika Jawa;
sebuah analisa Falsafi Tentang
Kebijaksanaan Hidup Jawa, PT Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
[8] Mobile Marketing Association, Mobile
Application.
http://mmaglobal.com/mobileapplications.pdf, 12
Juli 2014.
[9] Renga, Membuat Aplikasi Mobile dengan
MobiOne Studio,
http://www.hakaonline.net/2012/06/09/membuat-
aplikasi-mobile -dengan- mobione-studio/,
31 Mei 2014.
[10] Sutopo, Ariesto Hadi, Multimedia Interaktif
dengan Flash, Graha Ilmu. Yogyakarta, 2003.
[11 ] Vaughan, Tay, Multimedia: Making It Work
Eighth, McGraw-Hill, New York, 2011.
[12 ] Pranowo, G., Mastering CorelDRAW X4 , Andi,
Yogyakarta, 2010.
()
Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e-ISSN: 2338-0403) JTsiskom - 444
ResearchGate has not been able to resolve any citations for this publication.
Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya
- Iwan Binanto
Binanto, Iwan, Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi, Yogyakarta, 2010.
Jon Manning, iPhone & iPad Game Development For Dummies
- Neal Paris Goldstein
- Buttfield-Addison
Goldstein, Neal. Paris Buttfield-Addison. Jon Manning, iPhone & iPad Game Development For Dummies, Wiley Publishing,Inc., Indianapolis, 2011.
Etika Jawa; sebuah analisa Falsafi Tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa
- Dr Magnis
- S J Franz Dan Suseno
Magnis, Dr Franz dan Suseno S.J., Etika Jawa; sebuah analisa Falsafi Tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu
- Ariesto Sutopo
- Hadi
Sutopo, Ariesto Hadi, Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu. Yogyakarta, 2003.
- G Pranowo
Pranowo, G., Mastering CorelDRAW X4, Andi, Yogyakarta, 2010.
- Vaughan
- Multimedia Tay
Vaughan, Tay, Multimedia: Making It Work Eighth, McGraw-Hill, New York, 2011.
Source: https://www.researchgate.net/publication/315989193_Perancangan_dan_Pembuatan_Aplikasi_Pepak_Basa_Jawa_Menggunakan_MobiOne_Studio
Posted by: shannashannaeagere0270243.blogspot.com
Post a Comment for "Download Pepak Bahasa Jawa Lengkap Pdf"